SUGIARTO [ Sugih Ilmu Lan Arto ] Kaya akan ilmu dan harta, Selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik.

Saturday, July 30, 2011

GROUPWARE

GROUPWARE
*Groupware adalah perangkat lunak yang secara khusus didesain untuk mendukung pekerjaan kelompok dengan kebutuhan bekerjasama.

*Digunakan secara umum untuk berkomunikasi untuk mendapatkan informasi dan problem solving.

*Groupware dapat diklasifikasikan dalam :
1.Kapan dan dimana para partisipan bekerja
2.Fungsi yang dilakukan untuk kerja kooperatif


*Klasifikasi Groupware  dengan matriks waktu dan ruang, seperti :
1.Kapan (When) para partisipan bekerja, pada waktu yang sama atau tidak.
2.Dimana  (where) para partisipan bekerja, pada tempat yang sama atau tidak.


*Dalam Groupware terdapat dua atau lebih partisipan dan mereka berkomunikasi satu sama lain, dengan tujuan untuk dapat bekerjasama sehingga diperlukan media komunikasi seperti :

•E-mail dan bulletin board
•Structue message systems (Sistem Pesan Terstruktur)
•Text Messaging
•Video
•Virtual Environments


*Pada e-mail yang sederhana hanya ada satu penerima, tetapi banyak sistem e-mail yang memiliki setting penerima lebih dari satu, yaitu :
- To : field
- CC (copy - salinan)
Dalam pengiriman e-mail bisa juga terdistribusi kedalam sebuah group dalam hal ini pesan dikirimkan ke alamat bulletin board atau newsgroup


*Perbedaan diantara e-mail dan bulletin board (BBs) :
•Fan out :
- one-to-one, email, komunikasi langsung
- one-to-many, email, daftar distribusi
- BBs, distribusi broadcast (siaran)
•Kontrol :
- Pengirim – email, daftar distribusi pribadi
- Administrator – email, daftar distribusi saling berbagi (shared)
- Penerima – BBs, sub-cription (berlangganan) ke topik tertentu


 *Sistem Pesan Terstruktur (structured message systems) bersifat asynchronous / remote (berada dalam tempat yang berbeda) :


•E-mail ‘super’ – persilangan antara email dan database
•Pengirim mengisi pada field / kolom khusus
•Penerima memfilter dan mengurutkan mail yang masuk berdasarkan isi field/kolom

Sistem pesan terstruktur memiliki field / kolom, domain khusus yang terdiri dari time, place, speaker, title


Instant Messengers merupakan suatu fasilitas yang disediakan untuk mengirim pesan dan mendapatkan umpan balik secara langsung.

 Contoh : YM (Yahoo Messenger), MSN


- SMS –
Suatu fitur yang disediakan oleh perusahaan pembuat alat komunikasi yang terdiri dari karakter maupun angka.


*Video Conference merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk transfer data video untuk menyatukan beberapa orang  di beberapa lokasi yang secara fisik berbeda, untuk suatu pertemuan.

Untuk membantu mengatasi masalah waktu, biaya dan jarak. Sehingga lebih murah dibanding pertemuan tatap muka.

*Teknologi yang digunakan dalam konferensi video :
ISDN + Komprensi Video dan internet + web cam


*Ada tiga jenis sistem yang digunakan untuk pertemuan dan sistem pendukung keputusan, yaitu :
1.Alat bantu Argumentasi
2.Ruang Pertemuan
3.Bidang Kerja Saling Berbagi


1.Alat bantu Argumentasi
Untuk menyimpan design rationale (dasar pemikiran desain) dengan node ISU, POSISIS, ARGUMEN  yang mempunyai dua tujuan yaitu :
-Mengingatkan desainer mengenai alasan-alasan atas keputusan yang diambil.
-Dasar pemikiran komunikasidiantara tim desain.

Memiliki sifat :
•Kontrol berbarengan  (concurrency control)
- dua orang mengakses node yang sama
- satu solusi adalah penguncian node
•Mekanisme notifikasi/pemberitahuan : pengetahuan mengenai perubahan pihak lain.

2. Ruang Pertemuan / Rapat
Suatu ruangan pertemuan yang dirancang dengan berbagai peralatan seperti layar lebar yang dapat saling berbagi, peralatan elektronik, perangkat lunak
Modenya WYSIWIS (What You See Is What I See), semua layar menunjukkan citra yang sama dan semua partisipan dapat menggunakannya.
khusus dan peralatan lainnya.

Memiliki Sifat :
Floor holders (pemegang/pihak yang berwenang) satu atau beberapa meliputi kebijakan floor control (pengelola pertemuan)
Siapa yang dapat menulis dan kapan : solusi penguncian + protocol sosial
Group pointer (penunjuk kelompok) : untuk referensi deistik – siapa pemilih referensi yang tergantung pada konteksnya

Berbagai jenis modalitas yang berbeda dalam aplikasi (matrik waktu / ruang) :

1.Shared windows – synchronous remote / co located
2.Shared editors - synchronous remote / co located
3.Co-authoring systems – kebanyakan asynchronous
4.Shared diaries – kebanyakan asynchronous remote
5.Shared information – sembarang namun kebanyakan asinkron
 
Shared Editor : tujuannya menggabungkan dokumen yang normal yang berbentuk editro teks / grafik sehingga berbagai PC, window, user memiliki komunikasi yang sama, baik secara face to face, saluran audio, video atau pemahaman komunikasi tekstual.
Beberapa hal yang terdapat pada shared editor :
•Editor yang memperhatikan kolaborasi
•Satu dokumen – beberapa pengguna
•Serupa dengan layar, saling berbagi dalam ruang pertemuan dengan permasalahan pengelolaan wewenang yang sama.
•Permasalahan tambahan adalah pandangan jamak

Dalam komunikasi artefak, kapan kita mengubah aplikasi saling berbagi (shared application) :
1.Kita dapat melihat efeknya – feedback (umpan balik)
2.Kolega kita dapat melakukannya juga – feedthrough (umpan lewat)
Komunikasi melalui artefak tidak hanya dengan groupware nyata, tetapi bisa juga shared data (saling bagi data) dapat dijumpai dimana-mana :
•Shared files dan shared database
•Casework files (sering non elektronik)
•Passing salinan elektronik dokumen
•Passing salinan spreadsheets (lembar kerja)

Kerangka kerja groupware seperti :
1.Matriks waktu dan ruang
2.Shared informasi
3.Komunikasi dan kerja
4.Awareness (kesadaran)

 Pembagian terdiri dari output dan input. Share output seperti objek, view dan presentasi, sedangkan share input seperti titik penyisipan tunggal yang terdiri dari share input keyboard.
Tipe pembagian objek /share objek terdiri dari :
•Linear transcript : seperti teks chat yang bersifat monotonik dengan hanya menambahkan informasi dan membuat segala sesuatu lebih mudah.
•Shared add-only hypertext, bersifat monotonik dan tidak berurutan
•Whiteboard, bersifat monotonik dan tidak berurutan dan tidak terlepas dari penghapus dan user yang mendefinisikan strukturnya.
•Complex object – shared hypertext atau file sistem.


Terdiri DARI :
1.Umpan balik dan jeda dari jaringan
2.Arsitektur Groupware
3.Feedthrough dan Network Traffic
4.Graphical Toolkits
5.Robustness dan Skalabilitas
6.Skala dan pengujian


Arsitektur terpusat merupakan copy tunggal aplikasi dan data, seperti :
•Client-server à kasus yang paling sederhana
•Master slave à kasus khusus pada client server

Replikasi, yang merupakan copy untuk setiap workstation :
•Replikasi sering juga disebut peer to peer
•Local feedback
•Race condition

 Arsitektur setangah jalan :
•Local copy application + cetral database
•Cache data lokal untuk umpan balik
•Beberapa hidden locking

Pada pengujian ketahanan perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut :

1.Booting ulang sistem, cabut kabel jaringan dan masukkan input secara random
2.Buatlah klien yang nakal dan simulasikan high load atau aktivitas lain yang ilegal
3.Jika kita sudah berpikir bahwa sistem pertahanan bagi orang lain untuk mencoba


Beberapa level dari CSCW,meliputi :

•Komunikasi tatap muka (face to face)
•Percakapan (conversation)
•Komunikasi berbasis teks
•Pekerjaan kelompok
•Isu-isu organisai.
Ada 4 tipe komunikasi tekstual dalam groupware
1.Discrete : pesan langsung seperti dalam email
2.Linear : pesan partisipan ditambahkan pada akhir dari transkrip catatan tunggal.
3.Non-linear : saat pesan dihubungkan ke yang lain dalam model hiperteks
4.Spasial : dimana pesan diatur dalam permukaan dua dimensi.

Terdiri DARI :
1.Dinamika kelompok
2.Lingkungan fisik
3.Kognisi terdistribuasi

0 komentar:

Post a Comment

Blogger templates

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget