SUGIARTO [ Sugih Ilmu Lan Arto ] Kaya akan ilmu dan harta, Selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik.

Monday, October 14, 2013

Melancong Ke Pulau Penyengat

Minggu 13 Oktober 2013, Sesuai dengan plan seminggu sebelum hari H ini, saya dan Ryuh telah membuat plan utk pergi ke pulau penyengat dengan mengajak keluarga Ryuh.
Dan kini...tibalah saatnya hari yang di tunggu - tunggu. Melancong Ke Pulau Penyengat.

Mungkin dari kalian pada gak tahu apa itu pulau penyengat? dimana lokasinya? dan ..Bla..bla.... Ok...saya jelaskan sesingkatnya saja yah.
Pulau penyengat adalah salah satu pulau yg ada di sekitar batam, tepatnya di sebelah Tanjung Pinang. Dari Batam kita harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam menuju ke pinang, dari pinang kita naik pompong ( Jukung ) kalau dalam bahasa jawa sekitar 10 menit.
Di pulau penyengat ada salah satu masjid yg sangat fenomenal, konon ceritanya cat masjid tersebut terbuat dari kuning telur. percaya?  percaya aja deh...itu cerita dari sesepuh disana loh. kalau gak percaya ntr kualat. he..he..


Kembali ke laptop...
Setelah mempersiapkan perbekalan utk disana akhirnya acara melancong segera di mulai.
start pukul 8.30 kami sudah mulai masuk mobil utk melakukan perjalanan pertama, yakni dari KDA ( Kurnia Djaya Alam )" rumahnya Ryuh) menuju ke pelabuhan Punggur.
dengan mengendarai Avanza silver yg berisi 8 orang dewasa dan 3 orang anak2 akhirnya meluncur menuju pelabuhan punggur. kurang lebih 15 menit akhirnya kami sampai ke tujuan.
Sesampainya di pelabuhan, seperti biasanya saya dan ryuh membeli tiket kapal ferry , kapal yg di gunakan utk mengantarkan kami menuju ke tanjung pinang. Utk memperoleh tiket tsb kita harus merogoh kocek 55rb per kepala...utk tahun depan kemungkinan bisa naik. Tergantg kenaikan UMK. He..he..
Perjalanan selama kurang lebih 1 jam kami tempuh menggunakan kapal baruna. Di dalam kapal hanya tiduran saja...serta ngemil. He..he..
Dan akhirnya setelah menyeberangi lautan selama satu jam...kami tiba di pelabuhan tanjung pinang. Ternyata di pelabuhan kamj di sambut dari kelurga tante diana dan om parman, mereka berdomjsili di tanjung pinang...dan pada hari itu berniat ikut rombagn kami ke penyengat. Dari pelabuhan ..kita harus mutar utk menuju ke dermaga pompong yg akan mengantr kita ke pulau penyengat. Biaya pompongnya 10rb per kepala. Kalau sewa 170 per pompong. Krn kami banyak...akhirnya kami sewa saja 1 pompong tsb. Kurang lebih 10 menit dr tanjung pinang kami akhirnya sampai di pulau penyengat. 
Pemandangan yg kita lihat pertama kali adalah sebuah masjid dengan cat warna kuning telur di hiasi warna kehijauan.
Sesampainya di masjid...kita melepaskan lelah di serambi masjid. Saya dan babe pergi ambil wudhu utk sholat dua rakaat di dalam masjid. 
Setelah istirahat dan sholat dhuhur perjalanan kita lanjutkan mengunjungi tempat sejarah di penyengat. 
Agar tidak capek...disana ada becak motor. 1 jam 30rb. Cukuplah utk berkeliling tempat sejarah disana. Yg kami kunjungi yakni. 2 makam dan rumat adat serta tempat pembuatan senjata. Krn ada anak kecil kami lewatkan utk singgh di bukit kursi. Di karenakan memakan waktu yg lama danitupun kami harus jalan kaki. Setelah puas jalan2nya kami kembali ke tanjung pinang utk makan siang. Dan setelah makan siang kami kembali ke batam.
Sampai jumpa di perjalanan kami selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Blogger templates

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget